Home » Profil » Visi Misi

Visi Misi

VISI DAN MISI KELURAHAN KARANGBESUKI

Penetapan visi, misi dan arah pembangunan didasarkan atas kondisi riil, permasalahan, potensi, peluang dan tantangan pembangunan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun mendatang. Keberhasilan dan kekurangan atas pelaksanaan kebijakan-kebijakan pembangunan Kota Malang merupakan titik tolak untuk menetapkan prioritas bidang yang dikembangkan ke depan.

Berdasarkan Hal tersebut, maka ditetapkan visi Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun adalah “ Terwujudnya Kelurahan Karangbesuki sebagai kawasan  Pengembangan Potensi Daerah yang Berwawawasan Lingkungan, Adil dan Ekonomis  ”. Visi Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun tersebut merupakan visi yang terintegrasi dan menjadi satu kesatuan dengan visi Kota Malang yakni

“ MENGEMBANGKAN  POTENSI  DAERAH  YANG BERWAWASAN INGKUNGAN YANG BERKESINAMBUNGAN, ADIL DAN EKONOMIS. ”

Berdasarkan pada Misi  tersebut diharapkan dapat mendorong pemerintah, masyarakat dan swasta untuk mengembangkan potensi Kota Malang, untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat. Diharapkan, semakin tumbuh dan berkembangnya lapangan pekerjaan baru yang berkembang dari pengelolaan potensi daerah. Investasi-investasi bisnis distimulasi dan pemanfaatannya ditujukan untuk pertumbuhan ekonomi dan pemerataan hasil-hasilnya.

Misi ini juga memperhatikan potensi daerah yang berupa sumber daya manusia. Predikat sebagai Kota Pendidikan memiliki makna bahwa Kota Malang memiliki sumber daya manusia terdidik yang melimpah ruah yang siap untuk dikembangkan, tidak saja untuk mendukung pembangunan kota, namun juga untuk meningkatkan prestasi yang membanggakan Kota Malang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi ini juga menekankan perlunya strategi pembangunan daerah yang tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Ke depan, diharapkan tidak terjadi kasus-kasus pelanggaran lingkungan, disertai dengan meningkatnya luas lahan yang berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan kawasan resapan air sebagai pencegahan terhadap bencana banjir. Strategi implementasi dari misi ini antara lain berupa penataan industri dan kawasan industri.

Untuk  mendukung pencapaian tujuan yang telah digariskan sehingga gerak laju pertumbuhan pembangunan maupun dalam perekonomian diwilayah Kelurahan Karangesuki Kecamatan Sukun diharapkan dapat mewujudkan kepuasan masyarakat.
Visi Kelurahan Karangesuki Kecamatan Sukun diwujudkan melalui Misi Kelurahan yang meliputi :

1.    Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas;
Adalah  melalui  koordinasi,  fasilitas  bidang  pendidikan  dengan  SKPD  terkait,  memberikan  sosialisasi  dan  informasi  kepada masyarakat  untuk  meningkatkan  pengetahuan,  keterampilan, memberikan  fasilitas  sarana  dan  prasarana  pendidikan  termasuk pendataan tingkat pendidikan masyarakat.

2.    Mewujudkan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan Lingkungan Hidup;
Yaitu melalui koordinasi,  fasilitasi dengan SKPD    terkait sehingga diharapkan  kondisi  pemukiman  penduduk  tertata  rapi,  asri,  bersih dan  indah.  Memberikan  sosialisasi  lingkungan  hidup  kepada masyarakat  diharapkan  kondisi  lingkungan  dimana  tinggal, memiliki  lingkungan  yang  berwawasan  lingkungan,  yang  utama dilaksanakannya Pola Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS) oleh  seluruh elemen warga masyarakat.

3.    Mewujudkan Kelurahan Karangbesuki  yang Bersih dan Indah.  
Adalah melalui perencanaan  pembangunan yang berkesinambungan,  dengan memperhatikan pemanfaatan  ruang,  lahan  terbuka hijau dapat terjaga,  pembangunan  infrastruktur  dengan  memperhatikan lingkungan  hidup  dan  estetika  kota  yang  dapat  meningkatkan kualitas  kehidupan  masyarakat  serta  memberikan  keindahan  dan kenyamanan.

4.    Mewujudkan Pelayanan Publik yang bertanggung jawab dan Amanah.
Adalah  melalui  pemberian  pelayanan  kepada  masyarakat  sesuai Peraturan Perundangan yang berlaku dengan  tetap memperhatikan kondisi  sosial  ekonomi  masyarakat.  Memberikan  pelayanan berdasarkan  standar  pelayanan  minimal  serta  menciptakan  sistem pelayanan yang efesien, efektif dan terpadu.

5.    Peningkatan Partisipasi Masyarakat.
Adalah  melalui  fasilitasi  pemberian  stimulan  bantuan  untuk menggerakkan  swadaya  gotong  royong  masyarakat  dalam pembangunan,  memupuk  rasa   sosial  dan menciptakan suasana wilayah yang aman, tentram dan tertib.

6.    Mewujudkan masyarakat yang mandiri melalui  peningkatan Pembangunan ekonomi masyarakat yang partisipatif.
Meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat  dengan melakukan kerjasaman yang berkesinambungan dengan  tetap memperhatikan budaya masyarakat lokal;

Dengan ditetapkannya misi Kelurahan Karangesuki Kecamatan Sukun tersebut diatas, nantinya diharapkan gerak pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di wilayah Kelurahan Karangesuki Kecamatan Sukun dapat sinergis dalam mencapai tujuan yang diarahkan untuk mewujudkan visi Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*